Bismillähir Rahmänir Rahïm
Allähumma sholli àlä Muhammad wa äli Muhammad.
PERKARA IMAM BUKAN HAK MANUSIA, MELAINKAN HAK ALLAH
Imam Ali Ridho as memiliki seorang saudara kandung yang bernama Zaid yang perilakunya tidak beliau senangi.
Ketika Imam Ridho as sedang duduk di atas batu besar dan berbincang-bincang di Majelisnya, Zaid hadir di situ.
Manakala Imam Ridho as sedang berbicara, beliau as menoleh kepada Zaid yang sedang bercerita kepada sebagian hadirin, berkali-kali Zaid membangga-banggakan nasabnya yang bersambung kepada Nabi Muhammad saw dengan mengatakan :
"Kami (begini) dan kami (begitu).”
Maka Imam Ridho as pun memotong pembicaraannya dan berkata kepada Zaid :
"Wahai Zaid, apakah perkataan penjual makanan Kufah telah memperdayamu ?! Sungguh Fathimah as telah menjaga kehormatannya, maka Allah Haramkan keturunannya dari Neraka. Demi Allah, tidak lain itu hanyalah untuk Al-Hasan as dan Al-Husain as serta anak keturunannya yang di khususkan (para Imam Ahlul Bait as).
Adapun apabila Musa bin Ja'far (nama salah satu Non Sayyid pengikut setia Imam Ali Ridho as) mena’ati Allah, berpuasa di siang hari dan Sholat di malam hari, sedangkan engkau (Zaid) berbuat maksiat kepada-Nya, kemudian kalian berdua datang bersama-sama pada hari Kiamat, apakah dengan begitu engkau lebih mulia dari padanya di sisi Allah ?! Bukankah Ali bin Husain as (As-Sajjad) telah berkata bahwa siapapun yang berbuat baik di antara kita (Dzuriyyah / Keturunan Rasulullah saw) akan di beri Pahala namun siapapun yang berbuat keburukan di antara kita (Dzuriyyah / Keturunan Rasulullah saw), maka Dosanya akan di gandakan.
Siapapun yang tidak mena’ati Allah di antara kita (Dzuriyyah / Keturunan Rasulullah saw), maka dia tidak termasuk dari Syi’ah kami. Dan apabila engkau (Zaid) mena’ati Allah, maka engkau termasuk Syi’ah kami."
( Biharul Anwar jilid 10 halaman 65-66)
IMÂM MUBÎN
(Imam Yang Nyata)
Imam yang sesungguhnya adalah orang yang mesti diikuti, dan Imam ‘Ali as adalah imam yang nyata sebagaimana dalam ayat Al-Quran berikut ini. Maka setelah Rasûlullâh saw wafat, siapa pun wajib mengikuti ‘Ali bin Abî Thâlib as.
إِنَّا نَحْنُ نُحْيِي الْمَوْتَى وَ نَكْتُبُ مَا قَدَّمُوا وَ آثَارَهُمْ وَ كُلَّ شَيْءٍ أَحْصَيْنَاهُ فِي إِمَامٍ مُبِيْنٍ
Sesungguhnya Kami menghidupkan orang-orang mati dan Kami mencatat apa-apa yang telah mereka kerjakan dan bekas-bekas mereka (yang ditinggalkan) dan segala sesuatu Kami menghimpunnya pada Imâm Mubîn
(imam yang nyata).
عَنْ صَالِحِ بْنِ سَهْلٍ قَالَ : سَمِعْتُ أَبَا عَبْدِ اللهِ عَلَيْهِ السَّلاَمُ يَقْرَأُ وَ كُلَّ شَيْءٍ أَحْصَيْنَاهُ فِي إِمَامٍ مُبِيْنٍ قَالَ : فِي أَمِيْرِ الْمُؤْمِنِيْنَ عَلَيْهِ السَّلاَمُ
Dari Shâlih bin Sahl berkata:
Saya mendengar Abû ‘Abdillâh as membaca: Wa kulla syai`in ahshainâhu fî imâmin mubîn .
Beliau berkata, “Pada Amîrul Mu`minîn as.”
عَنْ أَبِي الْجَارُودِ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ عَلِيٍّ البَاقِرِ عَلَيْهِ السَّلاَمُ قَالَ : لَمَّا نَزَلَتْ هَذِهِ الآيَةُ عَلَى رَسُولِ اللهِ ص وَ كُلَّ شَيْءٍ أَحْصَيْنَاهُ فِي إِمَامٍ مُبِيْنٍ قَامَ رَجُلاَنِ مِنْ مَجْلِسِهِمَا فَقَالاَ : يَا رَسُولَ اللهِ هُوَ التَّوْرَاةُ ؟ فَقَالَ : لاَ فَقَالاَ : هُوَ الإِنْجِيْلُ ؟ قَالَ : لاَ. قَالَ هُوَ القُرْآنُ ؟ قَالَ : لاَ. قَالَ : فَأَقْبَلَ أَمِيْرُ الْمُؤْمِنِيْنَ عَلِيٌّ عَلَيْهِ السَّلاَمُ, فَقَالَ رَسُولُ اللهِ ص هُوَ هَذَا إِنَّهُ الإِمَامُ الَّذِي أَحْصَى اللهُ تَبَارَكَ وَ تَعَالَى فِيْهِ عِلْمَ كُلِّ شَيْءٍ يَعْنِي عِلْمَ مَا كَانَ وَ مَا يَكُونُ إِلَى يَوْمِ القِيَامَةِ
Dari Abû Al-Jârûd dari Muhammad bin ‘Ali Al-Bâqir as berkata,
“Tatkala turun ayat ini kepada Rasûlullâh saw: Wa kulla syai`in ahshainâhu fî imâmin mubîn . Berdirilah dua orang dari tempat duduknya, lalu mereka bertanya, 'Wahai Rasûlullâh, dia itu Al-Taurâh?' Beliau berkata, 'Bukan.' Mereka bertanya, 'Dia itu Al-Injîl?' Beliau berkata, 'Bukan.' Mereka bertanya, 'Dia itu Al-Quran?' Beliau berkata, 'Bukan.' Lalu datanglah Amîrul Mu`minîn ‘Ali as, maka Rasûlullâh saw berkata, 'Dialah orangnya, sesungguhnya dia itu imam yang Allah tabâraka wa ta‘âlâ menghimpun padanya ilmu segala sesuatu, yakni ilmu yang telah terjadi dan yang akan terjadi sampai hari qiyâmah.”
عَنْ أَبِي الْجَارُودِ عَنْ أَبِي جَعْفَرٍ مُحَّمَدِ بْنِ عَلِيٍّ البَاقِرِ عَنْ أَبِيْهِ عَنْ جَدِّهِ عَلَيْهِ السَّلاَمُ قَالَ : لَمَّا أُنْزِلَتْ هَذِهِ الآيَةُ عَلَى رَسُولِ اللهِ ص وَ كُلَّ شَيْءٍ أَحْصَيْنَاهُ فِي إِمَامٍ مُبِيْنٍ, قَامَ أَبُو بَكْرٍ وَ عُمَرُ مِنْ مَجْلِسِهِمَا فَقَالاَ : يَا رَسُولَ اللهِ هُوَ التَّوْرَاةُ ؟ قَالَ : لاَ. قَالاَ : فَهُوَ الإِنْجِيلُ ؟ قَالَ : لاَ. قَالاَ : فَهُوَ الْقُرْآنُ ؟ قَالَ: لاَ. قَالَ فَأَقْبَلَ أَمِيْرُ الْمُؤْمِنِيْنَ عَلِيٌّ عَلَيْهِ السَّلاَمُ, فَقَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ آلِهِ وَسَلَّمَ : هُوَ هَذَا إِنَّهُ الإِمَامُ الَّذِي أَحْصَى اللهُ تَبَارَكَ وَ تَعَالَى فِيْهِ عِلْمَ كُلِّ شَيْءٍ
Dari Abû Al-Jârûd dari Abû Ja‘far Muhammad bin ‘Ali Al-Bâqir dari ayahnya dari kakeknya as berkata, “Tatkala diturunkan ayat ini kepada Rasûlullâh saw: Wa kulla syai`in ahshainâhu fî imâmin mubîn . Maka Abû Bakr dan ‘Umar berdiri dari tempat duduknya, lalu mereka berkata, 'Wahai Rasûlullâh, dia itu Al-Taurâh?' Beliau berkata, 'Bukan.' Mereka berkata, 'Dia itu Al-Injîl?' Beliau berkata, 'Bukan.' Mereka berkata, 'Dia itu Al-Quran?' Beliau berkata, 'Bukan.' Lalu datanglah Amîrul Mu`minîn ‘Ali as, maka Rasûlullâh saw berkata, 'Dia ini (Imâm Mubîn), sesungguhnya dia imam yang Allah tabâraka wa ta‘âlâ menghimpun padanya ilmu segala sesuatu.’”
Allähumma sholli àlä Muhammad wa äli Muhammad.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar